Monday, September 20, 2010

Mantra Sakti Penggugah Jiwa!!

Orang mana yang tidak tau tentang mantra sakti yang mengguncangkan hati???  

مَنْ جَدَّ وَجَدَ(Man jadda wa jada) atau orang lebih sering mendengarnya sebagai motivasi "Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil"




 Mungkin sejenis pepatah Arab tetapi mengandung makna yang dalam.
Kata kunci dalam pepatah ini ialah jadda atau bersungguh-sungguh. Jadi, sejauh mana Anda sudah mengaplikasikan pepatah ini ialah sejauh mana Anda bersungguh-sungguh. Bersungguh-sungguh adalah kunci untuk meraih kesuksessan itu sendiri.
Dalam buku Negeri 5 Menara  di kisahkan Kyai Rais (Pimpinan Pondok) selalu menyemangati santri-santri barunya dalam sebuah pesta pembukaan dengan kalimat Man jadda wa jada. Apa makna yang terkandung sehingga pepatah tersebut sangat memberi semangat dalam hidupp???
Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah hanya bisa berusaha untuk sesuatu yang ingin dicapainya, namun Allah-lah yang menentukan hasil dari usaha tersebut. Allah tidak melihat siapa yang mencita-cita kan impian tersebut, tapi Allah melihat berapa besar kemampuan dari usaha kita. Jika kita bersungguh-sungguh Allah akan menghargai usaha kita dengan mengijabahi cita-cita kita yang terlantun ketika kita bermunajat, berdo'a kepada Allah.
Mantra ini berhasil diterapkan pada kisah Lintang dan Array dalam film Sang Pemimpi, mereka selalu berjuang dengan teguh demi cita-cita mereka untuk sekolah di Sorbone, France. Mereka mulai menitihkan cita-cita mereka semenjak duduk di bangku SMA. Mereka bekerja keras, bekerja serabutan untuk mengumpulkan uang untuk kuliah di Jakarta, sebelum mereka menuju Sorbone. Banyak rintangan memang dalam meraih cita-cita, namun jika suatu tekad itu benar-benar sudah bulat, dan menyayatkan sisa di hati, tidak ada yang mampu menembusnya, tak ada yang mampu mematahkan niat tersebut.
Entah mereka tau atao tidak dengan pepatah itu, mereka tetap bekerja keras, bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu dan dengan kunci yang lain yaitu Ikhlas
Mantra tersebut mungkin menggetarkan jiwa, tapi apakah sudah dalam pengerjaan atau pengaplikasian dalam sebuah drama reality yang setiap orang tidak tau kapan akan berakhir.


2 comments:

  1. pinter arab rek....
    cah aliyah kok marai haha.....
    sip-sip

    ReplyDelete
  2. hahaha :p

    wkwkw.... awkmu blog e yo keminggris ngnu lo...

    hehehe

    ReplyDelete

 

About Me

My photo
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Sebagai mahasiswa setidaknya perlu rancangan masa depan. And Lets get start the Bussiness

Kelebihan


Rodo' Gejhe

Recent Post